Senin, 04 Oktober 2010

Kacang Ginkgo bikin Pintar

Jakarta - Kacang yang berkulit keras dan oval cantik bentuknya ini sudah digemari sejak ratusan tahun silam. Sampai kini kacang yang kenyal gurih ini sering dicampur dalam sup, pudin atau hidangan lain. Bukan hanya enak, ternyata kacang ini juga sarat manfaat!

Di beberapa pasar swalayan besar, kacang yang satu ini banyak dijual segar. Kulitnya keras berwarna putih dengan bentuk oval berujung runcing. Jika dikupas, akan ada kulit ari berwarna cokelat tipis yang menutupi biji yang berwarna hijau muda.

Teksturnya kenyal, rasanya sedikit pahit dan gurih. Di negara Cina, Jepang dan Korea, kacang ginkgo sering dicampurkan dalam salad, sup, puding dan bubur. Dikenal dengan sebutan yin xing dan termasuk keluarga Ginkgophyta.

Sejak ratusan tahun silam, kacang ini termasuk sebagai tumbuhan yang hanya ada di daerah Zhejiang di Cina Timur dan Tian Mu Shan. Namun, saat ini kacang ini sudah banyak ditanam di beberapa negara di kawasan Asia.

Pohon yang tingginya bisa mencapai 20 meter lebih ini memiliki bentuk daun yang unik. Tipis seperti kipas dengan gerigi di kelilingnya. Pola daun yang cantik inilah yang ditemukan di beberapa fosil peninggalan jaman kuno.

Kacang ginkgo mengandung khasiat seperti antioksidan yang tinggi dan berkhasiat menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan ekstrak daun ginkgo, ginkgo biloba mengandung nootropic yang sangat baik untuk kinerja syaraf. Dipercaya bisa mempertajam daya ingat dan memperbaiki kinerja syaraf.

Karena itu kacang ginkgo yang cantik ini sering disebuat 'kacang pintar' karena dipercaya bisa membantu pulihnya daya ingat dan meningkatkan kecerdasan. Hmm... apapun khasiatnya, kacang ini enak disantap dengan bubur atau dibuat kue. Bisa dibeli segar atau yang sudah dikemas dalam kaleng.

Jika dalam keadaan segar, goreng hingga kulitnya membuka dan menebarkan aroma enak! Kacangpun bisa dikupas dan disantap hangat.

( dev / Odi )
Sumber: Detikfood

Lihat Juga:
Restaurant
Restoran
Cafe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar