Jumat, 01 Oktober 2010

Sibuk tetap Sehat

KESIBUKAN dan banyaknya aktivitas yang kita lakukan setiap hari kadang membuat kita tidak sempat mengatur makanan yang kita konsumsi. Jadwal makan terbengkalai, nutrisi yang masuk pun terjun bebas. Makanan yang tersedia di sekitar kita pun terkadang tidak memenuhi kebutuhan gizi kita setiap hari. Lalu, bagaimana cara mensiasati keadaan ini? Bisakah kita menjadi sehat tanpa harus meninggalkan kesibukan kita dalam beraktivitas? Simak tips berguna dari OpenRice berikut.

Pertama, sarapan itu penting!
Sarapan sangat berpengaruh pada kemampuan kita menyelesaikan aktivitas kita pada pagi hari. Orang yang beraktivitas setelah sarapan terbukti lebih mampu berkonsetrasi dibandingkan dengan orang yang tidak menyempatkan diri untuk sarapan. Tidak bisa mendapapatkan sarapan dengan mudah? Mampirlah ke minimarket terdekat dan beli satu botol kecil susu dengan rasa kesukaan Anda. Kandungan vitamin, mineral, dan karbohidrat dalam susu sudah cukup menemani aktivitas kita hingga siang hari.

Cerdaslah memilih fastfood!
Tidak ada orang saat ini yang tidak pernag terpaksa memilih menu fastfood. Terkadang jika kita harus makan di area baru yang tidak kenal, fastfoodlah satu-satunya pilihan yang mudah yang bisa kita konsumsi karena menusnya pasti sudah kita kenal. Jika hal ini terjadi pilihlah menu fastfood dengan bijaksana. Ayam yang direbus lebih baik dibandingkan dengan ayam goreng. Pizza dengan topping sayur dan sedikit sandwich juga tidak kalah lezat.

Kurangi gula dan garam
Segala sesuatu yang berlebihan memang mengundang akibat buruk. Begitu pula dengan makanan. Selain menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, gula yang berlebihan juga berisiko merusak gigi. Garam yang terlalu banyak, di sisi lain dapat menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan penumpukan mineral dalam pembuluh darah. Gunakanlah gula dan garam seminim mungkin saat memasak atau menyeduh kopi, teh, atau sereal. Atau, cobalah untuk menggunakan gula rendah kalori.

Simpan camilan sehat
Simpan sekotak buah dan sayuran dalam wadah untuk camilan saat kita lapar di sore hari. Kita bisa memotong tomat, ceri, wortel, mentimun, mangga, atau buah apapun yang kita suka. Semakin berwarna buah yang kita makan, semakin baik! Buah-buah segar seperti anggur, strawberry, raspberry, blueberry, melon memiliki cukup serat dan vitamin untuk menjaga tubuh tetap kenyang dan berenergi.

Makan yogurt
Sesibuk apapun kita, tidak sulit bagi kita untuk menemukan yogurt kemasan. Yogurt rendah lemak atau bebas lemak membantu mengatur pencernaan dan dipenuhi dengan protein, kalsium dan vitamin. Rasa yogurt yang bervariasi juga bisa membuat kita menjadikan yogurt pelengkap sajian camilan kita.

Banyak minum air
Pagi hari saat bangun tidur, minumlah air putih. Ada yang menganjurkan untuk minum air sebanyak dua gelas. Minum air putih setelah bangun tidur akan membantu "mengairi" tubuh yang dehidrasi selama tidur. Penelitian mengatakan, saat kita tidur, tubuh menghasilkan enzim yang membantu pencernaan. Lambung dan usus pun demikian sehingga selainmelarutkan yang berguna untuk pencernaan, air yang kita minum akan membersihkan tubuh kita dari racun sisa sisa proses pencernaan.
Sumber: OpenRice.com

Lihat Juga:
cake
pizza
nasi goreng

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar