Rabu, 06 Oktober 2010

El Pollo Loco

El Pollo Loco adalah rumah makan siap saji berantai dengan sistem waralaba yang menyajikan ayam panggang khas Meksiko. Dalam bahasa Spanyol, "El Pollo Loco" berarti "Si Ayam Gila".

Rumah makan ini pertama kali didirikan Juan Francisco Ochoa di Guasave, Meksiko pada tahun 1975. Hingga tahun 1979, rumah makan El Pollo Loco sudah menjadi rumah makan berantai yang jaringannya sudah mencapai Meksiko sebelah utara. Pada tahun 1980, rumah makan El Pollo Loco yang pertama dibuka di Los Angeles, California. Pada tahun 1983, jaringan restoran berantai El Pollo Loco di AS diambil alih oleh Denny's dengan perjanjian antar restaurant di Meksiko tetap dijalankan keluarga Ochoa.

Menurut Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, merek dagang El Pollo Loco dialihkan dari Humberto Galvez ke perusahaan El Pollo Loco pada tahun 1981. El Pollo Loco dan Denny's merger dengan Trans World Corporation pada tahun 1987, namun dijual kembali ketika Trans World memutuskan hanya untuk mempertahankan Denny's. Setelah itu, Humberto Galvez kembali membangun jaringan restoran ikan bernama Pescado Mojado (bahasa Spanyol untuk "Ikan Basah").

Di Amerika Serikat, restoran berantai ini beroperas di daerah Barat Daya Amerika Serikat dan California. Menu unggulan mereka adalah Pollo Asado, ayam panggang yang sebelumnya sudah direndam di dalam bumbu.

Di Meksiko, rumah makan berantai El Pollo Loco terus mempertahankan logo yang lama di sebagian besar wilayah Meksiko utara, terutama di kota-kota seperti Monterrey dan Culiacán.
sumber: wikipedia

Lihat Juga: Cafe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar