Selasa, 14 September 2010

Macam-Macam Meises

Cokelat butir atau meises adalah butiran-butiran cokelat yang digunakan sebagai teman makan roti, penghias dan penambah rasa pada cake, kue terang bulan, donat dan es krim. Di Belanda, meises disebut hagelslag dan variasinya disebut muisjes.

Meises sebagai teman makan roti hanya dinikmati di Indonesia dan Belanda. Konon orang Indonesia yang mengenal hagelslag dari orang Belanda sulit menyebutkan kata "hagelslag." Kebetulan cokelat butir banyak digemari gadis-gadis kecil Belanda (meisje) sehingga teman makan roti ini ikut-ikutan disebut meisje. Pengucapan "meisje" untuk cokelat butir menghasilkan beberapa variasi ejaan: meises, mises atau meisyes. Ada juga kemungkinan meises berasal dari kata muisjes karena bentuknya memang mirip.

PT Ceres merupakan salah satu produsen meises terbesar di Indonesia. Meises mempunyai berbagai variasi, meises klasik berwarna cokelat, rasa susu, meises cokelat dengan campuran berwarna-warni, dan meises aneka warna.

Di Amerika Serikat, meises disebut sprinkles dan di daerah seperti di New England dikenal sebagai jimmies. Cupcake dengan taburan meises warna-warni populer sebagai kue ulang tahun anak-anak di Amerika.

Sumber: Wikipedia

Lihat Juga:
chinese food
pizza
nasi goreng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar